April 13, 2004

Over self-confidence or low self-condifence...which one is better??...

Hmm....aku termasuk orang yang punya masalah dengan self-confidence...dan kalo aku cerita sama banyak orang..banyak yang ga percaya...karena mereka bilang..aku tuch keliatannya pe-de banget...well they all should know...appearance is not always what it seems...

Aku udah mengalami ketidak pe-de an terhadap diri sendiri sedari aku masih sekolah di SD....hmmm..I think when I first noticed that my sister is soo beautiful...(according to me...but she really is beautiful)...and for my knowledge..I am far from being pretty...I feel that I was a short fat ugly duckling...while she was a Swan...you know...from the story of Swan Lake?....the Swan is very beautiful with the long neck and white feather....that's how she looks like...slim, tall, fair skin with a dark long hair....as for me I am short, fat with a chubby face and a very thin hair....well lets just say that I wasn't at all pretty in any sense.....

Growing up as a shadow of your beautiful sister surely made you feel really ugly....more ugly than it already is....hehehe...kesian ya...:-(....and I think it made me more insecure...about everything...but mostly about appearance.....I always thought that people will immediately like you if you are pretty.....karena biasanya orang tuch selalu melihat penampilan dulu....dan biasanya first impression that would last.....jadi kalo penampilan-nya kurang ok....orang biasanya males untuk lebih mengenal that person....(I know not all people like that...but for an adolescence...kayaknya sich penampilan tuch selalu no 1)

Perasaan ga pe-de itu terus mengikuti aku sampai aku SMA...lama ya?...hehehehe...karena ya selama itu aku selalu satu sekolah sama kakak-ku...perbedaan umur yang cuma 13 bulan persis mbuat kita hanya selisih satu tahun ajaran...sejak SD sampe SMA aku temen-temen aku kenal sama kakak-ku dan vice versa...
Aku kenal semua cowok-cowok yang naksir sama kakak-ku...malah diantara cowok-cowok itu.....ada yang jadi 'kecengan aku'...dan seperti yang udah aku kira..none of them really paying attention to me...well they were all nice...but with something in their mind...so my sister would choose them instead of the other boys.....hehehehe..ada beruntungnya juga ya aku...semua pada baik-baik sama aku...berharap aku mau cerita ama mereka tentang apa yang disuka ama kakak-ku...

Satu pengalaman yang paling aku inget sehubungan dengan rasa tidak pe-de ku itu....kalo ga salah sich waktu tahun 1987 or 1988 deh...tahun baru...Kakak-ku punya acara tahun baru-an dong...bareng temen-temennya...and that day..I was left alone at home...I was doing my hair...hahahaha...while every people my age having fun in the New Year's Party..I was at home..alone...hahahaha...well not exactly alone..with my parents...but that's no party right?...hehehehe....then I remembered my mom asked my sister to take me to the party.....and I have quite a party too....enak ya punya kakak ngetop...hehehehe

Seiring dengan bertambahnya usia, rasa ga pe-de aku mulai berkurang sedikit demi sedikit....terutama setelah aku berhasil lulus UMPTN....ke FISIP UI...Kayaknya aku mulai tau dan ngerti kalo appearance does matter but most importantly is....that you have to have the brain.....coz the face and all its appearance will diappear along with age...but you'll have your brain till the end of your time.....

Kuliah di FISIP UI membuat aku banyak belajar..terutama tentang self-confidence...lucu-nya setelah aku sadar kalo brain is the thing that mattered...mulai banyak cowok-cowok yang deketin aku...mereka bilang aku manis dan pintar....cieee....hehehehehe...
Rasa percaya diri aku semakin membaik karena ga lama setelah lulus kuliah aku langsung kerja di Bank..dimana penampilan juga jadi bahan pertimbangan...hmm...jadi aku pikir...ooh ternyata aku bisa juga ya berpenampilan baik.....

Ok..enough with the low self confindence-nya...sekarang aku mau cerita tentang someone with a very high self-confindence...
Aku baru liat di satu website...www.williamhung.com....itu tentang seorang imigran Hongkong di Amerika yang ikutan kontes nyanyi yang lagi menjamur akhir-akhir ini..American Idol....Willi Hung....gitu dia dipanggil...sangat jauh dari konsep idol yang disyarat-kan oleh kontes tersebut...karena baik apperance maupun suara dia jauh dibawah standar....tapi dia dengan bangga bilang..."I am very proud of who I am...I have nothing to loose and I have given you my best".....setelah ditanya oleh salah seorang juri...Mr. Simon Cowell..."You can't sing...and you can't dance....so what do you expect??"....keliatan kan..bagaimana tinggi-nya confidence seorang Willi Hung.....yang oleh orang amerika disebut "American Pride"...

Walaupun pada akhirnya Willi Hung gagal ikut dalam ajang kompetisi 'American Idol' tapi tetep jadi beken..karena rakyat amerika menilai dia sebagai "True American"...yang syarat-syarat-nya adalah : 1. Immigran ; 2. Have an American Pride ; 3. Underestimated by Englishman (Simon Cowell)...hmm..itu syarat yang aku inget..kalo ga salah sich ada 2 lagi..tapi ga terlalu penting...hehehehe...

Tenar-nya William Hung diiringi oleh pro dan kontra....walaupun ada juga yang netral-netral aja...
Yang kontra adalah masyarakat imigran keturunan china yang menilai William Hung hanya digunakan oleh industri musik di Amerika untuk dijadikan bahan lelucon...cuma untuk olok-olok aja....sementara yang pro bilang...well he deserved it....coz he has enough courage to do something like that so he should be rewarded by famous....
Sementara yang netral bilang..selama saling menguntungkan...baik industri musik maupun si Willi Hung sendiri..maka ya sudahlah...biarlah masing-masing menikmati kerjasama yang saling menguntungkan itu....

Dari cerita diatas kita bisa simpulin bahwa ternyata having a low self confidence or high self-confidence is not too good for a person...you have to have a self-confidence...that's all...you have to believe that you are good enough...coz God created human with all its goodness and its flaws......

Aku pernah baca di satu situs tulisan dari Oscar Wilde..yang bilang "To love oneself is the beginning of a long-life romance"......jadi..belajar-lah mencintai diri sendiri...karena bagaimana-pun dirimu, itu merupakan karunia Allah SWT...