June 28, 2004

The Fear of Loosing


Mungkin bagi semua orang, perasaan kehilangan merupakan satu perasaan yang paling menakutkan...well...mungkin ga untuk semua orang...tapi yang pasti untuk aku...
aku sangat takut kehilangan....kehilangan apa aja....terutama sich..kehilangan orang yang dekat dengan aku...orang tua, suami, keluarga dekat, teman, rekan kerja...semua yang pernah aku kenal....

Beberapa tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1997...aku pernah kehilangan seorang tante...beliau meninggal karena sakit kanker payudara...sebenarnya aku berucap rasa syukur waktu tante aku itu berpulang...kanker telah membuat tante aku kehilangan rasa ceria-nya....waktu itu aku pikir...mungkin ini adalah jalan terbaik yang telah ditentukan oleh Allah untuk tante aku....tapi rasa syukur itu tetep ga bisa buat perasaan kehilangan itu pergi dari hati aku....rasanya mau teriak..setiap kali aku kangen sama tante aku itu...aku bingung...kemana aku harus cari tante aku kalo aku pengen ketemu...pengen ngobrol lagi ama beliau....waduh...sedih banget deh rasanya....rasanya ada satu sisi di hati aku yang hilang....dan ga mungkin ada siapa pun yang bisa tempatin tempat special punya tante aku itu....

aku juga pernah ngerasain kehilangan 'temen deket'...padahal aku masih kecil loh....ABG kalo minjem istilah anak sekarang...waktu itu umur aku baru 13 taon...hihihi...
centil juga ya kecil-kecil udah punya pacar....(mungkin 'temen deket' lebih pas...karena waktu itu palingan yang kita lakuin cuma main basket bareng...or pulang bareng aja...)....nah naik kelas 2 SMP...tiba2 'temen deket' aku itu pindah ke lain hati....mungkin menurut dia ada cewe' yang lebih bisa ngertiin dia...
Waktu itu aku terpukul banget...sedih banget....down banget....aku nangis seharian....aku juga bingung knapa kok sampe begitu banget ya ???...kayaknya my world just crumbled...hancur lebur....pokoknya luluh lantak, hancur lebur deh...tapi cuma satu hari aja...terus my life just go on....meskipun kadang2 suka inget juga...enaknya kalo punya 'temen deket' lagi....ada yang perhatiin...ada yang bilang senyum kamu manis deh....ada yang bisa diajakin pulang bareng...ada yang bisa dicerewetin..ada yang bisa dicurhatin kalo lagi bt....terus aku sadar..kalo ternyata...rasa kehilangan yang aku rasain itu lebih kepada adanya orang yang bisa akung ke aku...kasih perhatian lebih ke aku....I think that's what I missed the most....

Seiring dengan waktu..aku beranjak dewasa...(hehehe...formil ya bahasanya?...)...karena rasa kehilangan itu...aku jadi agak2 takut untuk punya 'temen deket' lagi...
SMP dan SMA aku lalui tanpa 'temen deket'....karena aku ngerasa lebiih save aja....ga bakal ada orang...(cowo')..yang bisa ninggalin aku...dan bikin aku ngerasain kehilangan kayak waktu itu.....tapi ternyata ga jadi jaminan tuch...tetep aja....aku mulai kehilangan temen aku..satu demi satu...walau rasa kehilangan yang aku rasa itu beda dengan waktu aku kehilangan 'temen deket'...tapi tetep aja...aku merasa kehilangan...
karena sadar bahwa kita ga mungkin bisa menghindar dari kehilangan.....makanya aku mulai pede lagi untuk deket sama cowo'...punya 'temen deket' lagi...(kalo yang pernah baca postingan aku...masih ngerti knapa tulisan 'mulai pede lagi' di italic....;).....)....dan syukur alhamdulillah bahwa cowo' yang aku pilih dulu itu...adalah yang akhirnya menemani aku selalu....yesterday...today....tomorrow....always....(insya Allah..for the rest of our life).....

Alasan utama aku nulis pengalaman tentang kehilangan ini karena...recently....ada temen aku yang sharing kalo dia baru belajar menghargai kehidupan setelah orang tercintanya sakit....temen aku itu bilang....selama ini..dia menganggap hidup itu..kalo selesai waktunya di dunia...ya udah...memang sudah begitu garisnya....tapi rasa takut kehilangan itu mulai menghinggapi....(susah nyari kata santainya...hehehe) setelah dia bener2 jatuh cinta ama cewe'nya tadi....dan dia takut banget kalo dia kehilangan cewe' itu...

Hmm...susah memang...segala sesuatu yang menyangkut perasaan....coba deh lihat...kalo lagi jatuh cinta...semua terasa indah....dunia serasa milik berdua....everything is wonderful...that's the word....sementara kalo pas kita kehilangan orang tercinta...waduh...rasanya kayak kiamat...the world just crumbled....everything you ever want and wish for just vanished....and you feel like you would loooove to die.....
Jadi sebenernya manusiawi sekali kalo kita punya perasaan kayak gitu....tapi.....kita tetep harus bisa menjalani hidup kita....with or without the person we love...coz life goes on...apapun bisa kamu wujudkan..(my last post...;-)....) dan aku yakin...siapapun bisa mengatasi rasa kehilangan....and eventually enjoy their lives.....cause all we can do is just praying and trying your best...to live your life....



No comments: