May 08, 2006

wHaT aRe We LoOkinG 4..?

Sebenernya apa sie yang kita cari dalam bekerja? Gaji besar? Tunjangan bagus? Karir mulus? Lingkungan kerja? atau apa??

Kemarin ada teman bercerita padaku tentang diskusi yang baru selesai di ikutinya. Kebetulan perusahaan tempat aku bekerja sedang melakukan perbaikan di bidang Human Resources dengan menyewa konsultan.
Tahapan pertama yang akan dilakukan konsultan tersebut dalam memperbaiki kondisi SDM di tempat ku bekerja adalah audit SDM yang akan dilakukan dalam 3 cara, yaitu face to face interview, focus group discussion dan employee opinion survey.

Nah, teman ku itu baru aja ikut focus group discussion yang dilakukan oleh si konsultan. Pertanyaan pertama yang diberikan oleh sang konsultan adalah : silahkan diskusikan kondisi SDM yang ada sekarang. Wah, lepas deh, kayak air bah..segala uneg2 yang mereka punya soal SDM keluar semua :)...topik yang mestinya terbatas jadi amat sangat melebar...[katanya loh...kan aku ga ikut..] Tapi dari cerita yang aku dapet, emang seru banget deh komplain dan curhat-an soal SDM, dan yang menarik dari cerita yang aku dapet itu adalah waktu semua curhat itu akhirnya selesai, pihak konsultan yang tadinya dengan sabar mendengarkan akhirnya bertanya, "Kalo memang sudah seburuk itu kondisi SDM di perusahaan ini, boleh saya tahu kenapa bapak dan ibu sekalian masih bekerja di perusahaan ini??"...
Waduh..lumayan menohok kan?...hehehe...tapi betul gitu loh....kalo memang kita sudah merasa tidak nyaman dalam satu lingkungan kerja, dimana sudah tidak ada lagi hal yang baik dari SDM-nya, lalu alasan apa yang membuat kita masih saja stay di perusahaan ini????...[mungkin udah nyari ketempat lain ga ada yang mau nerima kali ya??..hehehehe...]

Untuk aku sendiri, banyak hal yang bisa jadi pertimbangan dalam memutuskan untuk bertahan pada satu pekerjaan, tapi yang paling penting adalah :

  1. Kita harus suka pada apa yang akan kita kerjakan, dan itu merupakan syarat mutlak. Mana bisa sie kita betah dalam satu pekerjaan apabila kita ga suka dengan apa yang kita lakukan dan aku pernah punya pengalaman soal hal itu, wah kurus kering kalo kelamaan tetep kerja di situ.

  2. Lingkungan kerja yang kondusif merupakan hal yang juga sangat penting dalam bertahan dalam satu pekerjaan. Temen-temen yang baik, temen makan siang bareng, temen curhat, temen gossip..pokoknya temen-temen deh, karena mereka bisa jadi penawar rasa bosan, rasa kesal, rasa sakit hati dan segala rasa yang ga ok lainnya selain itu mereka juga bisa jadi temen having fun yang cihuy banget.

  3. Uang merupakan pertimbangan yang terakhir walaupun mungkin juga pada awalnya merupakan pertimbangan yang pertama. Kalo kita sedang memilih pekerjaan, mungkin uang bisa jadi prioritas yang pertama, tapi dalam memutuskan untuk bertahan dalam satu pekerjaan...untuk aku sie...bisa dikalahkan oleh 2 hal diatas....


Kalo ke - 3 hal diatas itu merupakan hal2 yang penting buat aku dalam memutuskan akan stay dalam satu pekerjaan, kalo temen2 gimana?...sama?...atau beda?...dan sampai batasan mana kita bisa nerima semua kelemahan dalam SDM kita, sebelum akhirnya kita memutuskan untuk "that's it..ini bener2 udah ga kondusif lagi, yuk..kita cari rejeki di tempat lain aja, walau itu berarti kita kehilangan TEMAN yang amat cihuy tadi.

Aku cuma mau tau aja, karena kayaknya setelah 6 tahun 26 hari aku bertahan [OMG...is it really that long???....time does fly eh??..] aku merasa udah cukup toleransi yang aku berikan kepada perusahaan ini...terutama SDM-nya deng. Aku merasa sedikit sekali perbaikan yang sudah dilakukan, walau akhir-akhir ini sie sedikit lebih lumayan dibanding 5 tahun sebelumnya.
Beberapa bulan terakhir ini, aku mulai mencari lagi kesempatan berkarir di perusahaan lain, karena dari 3 faktor diatas, 2 diantaranya sudah tidak menyenangkan lagi, dan lagi sepertinya memang sudah saatnya aku mencari tantangan baru, aku merasa aku sudah terlalu lama berada dalam 'comfort zone'. Karena kalo terlalu lama kita berada dalam zona aman tadi, sisi kompetitif kita semakin lama akan semakin berkurang dan lama kelamaan bisa mati, dan bila sifat kompetitif kita sudah mati, kita hanya akan bisa menerima dan menerima, semua perlakuan yang ditujukan kepada kita...dan aku ga mau kayak gitu.

Doain ya temen2 semoga aku bisa menemukan yang aku cari.... sisi kompetitif ku yang sudah lama hilang, hanya karena terbuai oleh pertemanan yang sangat menyenangkan, padahal kalo memang teman sejati kan, dimanapun kita bekerja kita masih bisa dan akan selalu berteman...bener ga?...Ya...semoga dan semoga....amiiin...

No comments: