May 15, 2007

-- bahasa gaul tahun 80-an --

Ide tulisan ini didapet dari acara Drive and Jive-nya Iweth ama Imel di Hardrock FM. Mereka lagi mbahas soal istilah-istilah yang di pake dalam bahasa pergaulan. Ada bahasa yang menurut mereka udah ga okeh lagi di pake, pokoknya hina banget deh kalo sampe kedengeran mereka kalian pake istilah-istilah itu dalam obrolan sehari-hari. Istilah terhina versi mereka adalah :
Kasiaaaan dech loe...!!.Waah..pokoknya patut di kasihani lah orang-orang yang masih pake istilah itu ;), katanya iweth ama Imel loh.
Imel bilang, dia paling sebel ama orang yang bilang gini, "Ini gw lagi ama bokin gw". Halah....bokin...kedengerannya soo yesterday banget gitu lowh...

Emang sie aku ga dengerin acara itu sampe selesai, tapi omongan imel terakhir bener-bener membekas [*tsah]. Apalagi setelah aku denger, salah satu temen aku yang gaya omongannya persis banget ama yang di omongin ama Imel dan Iweth tadi. Awalnya sie aku ngga terlalu ngeh, karena yang dia cuma sering bilang, "iya nie, bokin gw lagi ngapain". Tapi lama-lama kok jadi kesannya kayak dengerin orang ngomong jaman kita SD dulu.

Karena lama-lama jadi berasa annoying, aku protes lah sama temen ku itu. Aku bilang gini, "Eh bo'..kok kalo ngobrol ama loe, gw berasa kayak balik lagi ke tahun 80-an gitu ya. Gaya ngomong loe itu sama kayak waktu gw masih SD dulu. Masa sekarang gw udah punya anak satu, gaya ngomong loe masih gitu aja sie??. Kesannya loe stuck gitu di tahun 80-an bo'."
Temenku itu sie ketawa aja sembari ngomong, "abis di daerah gw, ngomong gaya gitu masih biasa dan lazim aja. Jadi gw ngga pernah ngerasa aneh. Malah gw bingung ama gaya bahasa loe yang ga jelas nempatin kata 'secara' dimana-mana tanpa ada makna atau hubungannya."

Hehehehe, ketauan banget ya, yang ngikutin bahasa gaul masa kini [*tsah sekali lagi*] sama yang ngga.

Tapi setelah di pikir-pikir, lucu juga lowh kalo nginget-nginget omongan taun 80-an itu. Terus aku sama temen-temen yang kebetulan seangkatan dan ngerti bahasa gaul kala itu mulai deh me-list istilah-istilah jadul 80-an. Hasil-nya bisa di liat dibawah ini :
  • Bokin = pasangan, entah istri/suami atau pacar

  • Gintur = tidur

  • kemek= makan

  • kelokur = keluar

  • plokis = polisi

  • cipokan = ciuman/sun-sun-an

  • kobam = mabok/teler

  • cupang = hickey

  • doi = dia

  • mokan = mana



  • Hmm..mestinya sie masih banyak, tapi berhubung aku ga terlalu ahli dalam bahasa gaul 80-an [maklum lah, masih SD bo'...*tersipu malu*...halah...apaan sie].

    Kalo temen-temen gimana? mungkin bisa tambahin istilah-istilah jadul yang masih di inget. Just give me a shout ya :). Thanks sebelum-nya

No comments: