November 15, 2006

tHe MeAnInG oF LoVe

Satu hari, waktu aku lagi chating sama seorang sahabat di dunia maya, tiba-tiba, out of nowhere..dia tanya.."Kamu punya DVD-nya Notebook ga?". Karena aku tau temenku ini tipe-nya kayak apa [tipe yang ga mungkin banget deh nonton film-film kayak notebook gitu :)..] aku balik nanya dong.."Untuk siapa?...tumben nanya-in film kayak notebook". Jawaban dia bikin kaget deh, katanya gini.."Untuk aku..lagi disuruh nonton film notebook sama psikiater ku, eh salah...maksudnya psikolog-ku". Jawabannya udah pasti bikin kaget aku lagi..."HUH??...psikolog?? sejak kapan kamu dateng ke psikolog? kenapa kamu mesti ke psikolog??..kurang lebih itu sederet pertanyaan yang ku lontarkan ke sahabat-ku itu. Hehehe...maklum...aku dan dia cukup deket lah...kayaknya banyak sekali cerita yang udah kita share berdua....jadi wajar kan kalo aku kaget waktu denger dia ngunjungin psikolog.

Tapi berhubung kita lagi chating, jawaban dari sahabatku atas semua pertanyaan ku tadi ga bisa dijawab seketika dong, pasti ber-jeda dulu..sepersekian menit kemudian dia baru njawab. Katanya, "Ga gitu...cuma psikolog kantor aja. Kemarin waktu lagi diskusi, aku sempet nanya..sebenernya ada ga sie cinta sejati itu?...semacam romi dan juli [ini direct quote loh...hehehehe...jadul banget ya...kok ya romi dan juli...terlalu 70-an gitu...romeo and juliet kek....kan itu lebih abadi...:)...]. Nah si psikolog itu bilang, "coba deh kamu tonton film Notebook. Inti cerita dari film itu merupakan contoh penggambaran cinta sejati yang paling bagus." [patut di curigai nie psikolog...kok ya ambil contoh dari film juga...tetep fiksi dong tante, ga beda ama romeo and juliet atau romi dan juli hehehehe].

Denger jawabannya..[eh salah deng..baca jawabannya] aku langsung nanya lagi, "Lagian kamu..iseng banget nanya-nanya cinta sejati segala. Bukannya udah nemu??". Sahabat ku njawab, "iseng aja...lagi mau tau "the meaning of love".
Taelah..dalem banget kayaknya...hehehehehe. Tapi jawaban sahabatku itu masih aja kurang memuaskan, aku jadinya nanya lagi "Masa masih belum tau sie arti-nya cinta?" Karena sebagai seorang dewasa yang sudah menikah, sewajarnya dia sudah menemukan cinta sejati-nya dan sudah pasti mengerti dong arti cinta itu apa...se engganya itu menurut ku ya...[see...I really am an endlesly romantic freak :)..]. Jadi kesimpulannya kalo seseorang sudah memutuskan untuk menikah, setidaknya dia sudah mengerti arti cinta, walaupun mungkin aja yang jadi pasangannya itu bukan soulmate-nya....eh bener ga sie??....bener kan???..Sahabatku itu diem aja setelah denger pernyataan aku tadi, jadi pembicaraan tentang makna cinta ga di bahas lagi karena kita udah sibuk nggosip yang lain :).

Beberapa hari setelah itu, aku masih kepikiran terus tentang topik pembicaraan aku dan sahabat ku itu. Sebenernya sie lebih ke reaksi sahabat ku itu setelah dia nonton the notebook seperti yang dianjurin ama psikolog-nya....jadi aku niat banget untuk nanyain reaksi dia itu pada kesempatan pertama aku ngobrol lagi ama dia. Pucuk di cinta ulam tiba, waktu kita chat, tanpa di tanya sahabat ku itu langsung cerita tentang pendapat dia setelah nonton the Notebook. Begini katanya.... :

Sahabat ku [A] : Aku udah nonton notebook...halah..ga real gitu kok...
AKu [B] : Ga real?...maksudnya?...kan emang itu film..udah pasti ga real dong...
[A] : iya ga real...ga mungkin deh ada kejadian real dalam kehidupan nyata yang kayak gitu
[B] : tapi kalo ga salah itu kan di dasari oleh kisah cinta - nya kakek nenek-nya si pengarang buku [the Notebook merupakan novel yang diangkat ke layar lebar]
[A} : ya tapi tetep aja...ga real... :)
[B] : terus kamu ngomong gitu ke psikolog-mu itu??
[A] : iya...
[B] : tapi sekarang kamu udah ngerti belum apa itu makna cinta?...
[A] : Udah...
[B] : Apa dong kalo gitu makna cinta versi kamu?..
[A] : Saling berbagi, setia dalam suka dan duka, susah senang bersama, apapun dilakukan demi cinta meskipun itu harus menentang orang tua...
[B] : hehehehe..gitu ya....itu yang kamu dapet sehabis nonton the notebook ?
[A] : iya...tapi itu kayaknya cinta mati, bukan cinta sejati...:

Sebelum aku tanya macem-macem lagi, sahabatku itu udah sibuk dengan pekerjaannya [hahahaha..ketauan deh, chatting mbari kerja :)..]. Masih banyak sie yang aku mau tanyain, tapi karena sama-sama sibuk jadi masih belum sempet.
Mungkin pada bingung ya, kenapa kok aku penasaran banget ama jawaban temen aku soal makna cinta??. Ya seperti yang aku bilang diatas, kok bisa-bisanya seorang dewasa yang sudah menikah masih mempertanyakan makna cinta?...aneh aja. Jadi pengen tau aja alasan dibelakang pertanyaan dia ke psikolog-nya itu. Gitu aja..simpel kan?.

Kalo untuk aku sendiri, cinta itu adalah dimana saat kita ngerasa kalo kita 'ga bisa' hidup tanpa our better half, kita berfikir kita ga bakal mampu lagi bernafas dan ga ngerti deh mau ngelakuin apa dalam hidup ini [hehehe..berlebihan ya?...tapi itu yang aku rasain, karena setiap kali aku nyoba untuk membayangkan hidup tanpa my beloved hubby, tetep ga bisa...karena memang ga kebayang deh kalo mesti hidup kalo ga ada dia disamping aku :) ]. Sembari nulis postingan ini, aku ndengerin MP3, lagu-nya Mandy Moore "Only Hope", soundtrack film A Walk To Remember terus di akhir lagu ada suara lelaki yang bilang gini "Jamie saved my life, I'll always missed her....but our love just like the wind...I can't see it, but I can feel it..". Mungkin penggambaran cinta yang paling tepat [se-engganya menurut aku] ya itu tadi.."Love just like the wind...you can't see it...but you can feel it..." Jadi cinta itu bukan untuk di mengerti, bukan untuk di lihat tapi untuk dirasakan, dan bila kita sudah menemukan orang yang tepat, kita pasti akan selalu merasakan yang namanya cinta... :)



PS : Untuk sahabat ku, mbaca versi kamu tentang cinta kayak lagi nonton film dan ada adegan pernikahan...yang kayak gini nie..."Will you take her as your lawfully wedded wife, ...will you honor and comfort her, in sickness and in health, in richer or poorer untill death do you part??"...hehehehehe...kamu tinggal nambahin meskipun itu menentang orang tua...hehehehe...
But regardless, I know now what is LoVe means to you...:). And as lame as it was...:p, I am proud that you are taking the step to learn about love...Keep up the good work ya.. *smile*

No comments: