November 03, 2006

....pEmBanTu PuLanG, jAdI OsHiN eUy....

Apa yang paling kamu sukai ketika ramadhan selesai?. Pastinya Idul Fitri. Common answer.. :)... Sama sie, aku juga paling suka menyambut akhir ramadhan dan ber-Idul Fitri. Dulu sewaktu aku kecil, mungkin seneng Idul Fitri karena pasti bisa punya beberapa helai baju baru belum lagi sepatu baru dan aksesoris lainnya. Selain itu, jangan lupain dong, ang-paw..kan setiap kita selesai puasa penuh satu bulan dan ga pernah kalah, pasti ada hadiah menunggu. dari oom, tante, atau sepupu yang sudah bekerja.

Waktu kita beranjak dewasa [taelah] mungkin makna Idul Fitri menjadi sedikit berbeda. Kenapa aku bilang sedikit, karena kalo untuk baju baru dan angpaw sie masih tetap jadi harapan manakala ramadhan berakhir dan Idul Fitri tiba, tapi yang sedikit berbeda mungkin keinginan kita untuk menjadi lebih baik, setelah menjalani puasa satu bulan penuh [hehehe, aku ga tau dengan yang lain ya....tapi untuk aku sie, makna dari Idul Fitri ya itu tadi.. :).

Setelah kita dewasa dan berkeluarga, makna dari Idul Fitri bertambah lagi satu, ga ada mbak....hehehehe. Dari waktu masih kecil dulu sie sebenernya sama aja, pas Idul Fitri pasti ga ada orang yang bantuin kita beres-beres di rumah, tapi kan semua pekerjaan rumah dibagi-bagi ama kakak, adik dan juga orang tua. Nah, setelah kita married dan punya keluarga sendiri, ga ada mbak berarti jadi Oshin selama paling cepet satu minggu, atau mungkin pas lagi sial malah si mbak ga balik lagi :(.

Idul Fitri kali ini, pastinya si mbak aku juga pulang kampung dong...[aku pernah chat sama temenku dari States, aku cerita kalo wah...bakalan capek nie abis bulan ramadhan ini, terus dia tanya knapa??...Aku bilang...my maid is gonna go to her home town...hehehehe..jadi geli sendiri], tapi karena tahun ini, my little angel udah berusia 1 tahun, waduh...kerjaannya jadi nambah deh...[tapi jangan salah loh...aku rela kok ngerjainnya, rela banget malah...apa sie yang ngga untuk princess-nya bunda]. Tahun ini, kerjaan ganti-in mbak nambah ama bikinin bubur-nya Kay, juice buah-nya, dan susu-nya. Tapi udah beberapa hari ini, anak-nya Bunda lagi susaaaahhhh banget mam-nya...di leteh-leteh in mlulu, aduuhhhh kalo ga sabar-sabar mah ga tau deh udah bisa meledak kali kepala Bunda..:(. Tapi mungkin ini hikmah ramadhan kali ini untuk ku, jadi aku bisa lebih sabar waktu ngasih mam Kay... :).

Sebenernya yang mau aku bikin postingan ini bukan mau nyeritain tentang Kay yang susah mam atau kerjaan yang nambah. Tapi mau cerita soal kerjaan si mbak yang ternyata amat buanyaaaakkk ya. Setelah ngejalaninnya sendiri, waduh...two tumbs up untuk para mbak ya. Ga ngerti loh aku gimana caranya para mbak itu menyiasati waktu, antara masakin bubur, nyuapin mam, belum lagi pake nyuci dan setrika segala. Aku udah nyoba tuch...bisa sie, tapi tetep mesti di bantuin....hehehe..itu mah namanya ga bisa ya. Untuk Idul Fitri kali ini yang paling bikin aku stress itu ya ngasih mam Callista Puti Ulung...aduh..pake acara berantem deh...terus lucunya kalo aku marah sambil kasih telunjuk ke dia, eh dia malah bales ngasih telunjuk ke aku...sambil ngomong...Hmmhh...aduh..yang ada bunda malah jadi ketawa geli deh...:)

Setiap tahun, setiap Idul Fitri, setiap para mbak pulang, setiap itu pula aku harus mengerjakan pekerjaan 'domestik'. Untuk aku, ada beberapa pekerjaan yang aku suka, tapi sebenernya kalo boleh jujur lebih banyak yang kalo boleh sie ga mau ngerjainnya...hehehe...Seperti yang aku udah bilang, kalo dulu waktu masih ikut orang tua, pasti kan tugas-nya di bagi-bagi ama adik kakak dan juga mama Bapak. Nah, pekerjaan yang aku suka itu yang berhubungan dengan air...jadi nyuci baju, ama nyuci piring sie termasuk pekerjaan favorit..tapi ga termasuk ngepel ya..abis pasti bikin dengkul capek sie..[itu sebelum ada magic mop rame ya, jadi ngepelnya masih ngerangkak gitu :(...]. Setelah aku merit, 2 pekerjaan itu masih tetep jadi pekerjaan favorit, tapi berhubung bagi-bagi tugasnya cuma sama suami, jadi yang bukan pekerjaan favorit juga tetep mesti dikerjain. Nyuci piring, nyuci baju, masak, nyetrika, nyapu jadi pekerjaan tetap ku setiap Idul Fitri tiba. Tapi alhamdulillah ngepel ga termasuk..itu udah jadi pekerjaan tetap nya suami ku...[thanks hon...aku emang paling sebel ngepel].

Nah, aku yakin pembaca blog ini [taelah..kayak udah banyak aja yang baca... :)...] pasti masing-masing punya kerjaan favorit selama si mbak di rumah pulkam. Sharing dong...knapa suka ama kerjaan itu dan kenapa ga suka ama kerjaan ini...mungkin bisa jadi referensi untuk aku...siapa tau ada yang suka ngepel terus pas baca kenapa suka-nya aku jadi agak sedikit lebih suka lah ama ngepel....[mungkin ga sie??...]

Setelah nunggu si mbak selama 2 minggu, alhamdulillah penantian aku menunggu si mbak udah selesai. Kemarin salah satu mbak dah dateng dan mulai mbantu ngeringanin kerjaanku. Tinggal nunggu mbak-nya Kay, rencananya sie sabtu besok udah balik ke sini...[tadi sie jam 5 sore pas di telpon udah di bis dan otw ke Jakarta....cihuy....finally....]

Hmmm besok rencananya mau creambath, meni-pedi sama massage ah...memanjakan diri setelah jadi oshin selama 2 minggu....Tapi istirahatnya cuma 2 hari..senin kembali deh..busy-busy day....kerja lagi... :(...gimana dong..butuh duit nya euy..:)..

Ok lah..ini aja dulu...sedikit sharing soal kerjaan aku selama 2 minggu tanpa mbak yang bantuin....ternyata cukup melelahkan...tapi selamet juga melaluinya..meski ada sedikit incident tadi pagi...aku tiba-tiba mimisan..mungkin karena terlalu capek kali ya... tapi ga pa pa deh...ngerasain juga capek-nya kerjaan ibu rumah tangga...acungan 4 jempol untuk para ibu rumah tangga..:)...u have the hardest work in the world...keep up the good world ya... :)...

No comments: