October 19, 2004

BeRpuLanG.....


In Memoriam Tante Ning Hadi, wafat 18 Oktober 2004 pukul 15.10 WIB

Innalillahi Wa Innalillahi Rajiuun.....

Telah Berpulang ke Rahmatullah....

Ibunda tercinta dari sahabat terdekat-ku semasa SMP hingga kini....Satu dari barisan gank Biji Duren...Ibunda dari tiga putri yang cantik : Evita Soraya, Monika Zulaikha dan Zinia Zubaida....

Kabar meninggalnya Tante Ning aku terima melalui sms pukul 15.55 WIB..selesai aku sholat Ashar. Sebenernya sich aku ga terlalu kaget mendengar berita itu, karena beliau sudah di vonis mengidap penyakit kanker dari bulan Juli lalu...dan sejak awal oktober kesehatannya makin menurun...sehingga pernikahan putri terakhirnya Zizi yang awalnya akan diadakan pada tanggal 9 Oktober 2004 dimajukan menjadi tanggal 5 Oktober 2004 menimbang kesehatan dari Tante Ning....

Sebenernya ga terlalu banyak yang bisa aku ceritakan tentang tante Ning, biasa lah...karena beliau Ibu dari teman aku...dan dulu sich waktu kita masih keci kayaknya termasuk Ibu yang galak deh....jadi agak-agak ga berani ngobrol terlalu banyak...hehehehe...lagian juga kalo ngobrol ama Ibu-ibu kan ga bakalan terlalu nyambung....sementara setelah aku dewasa, frekuensi pertemuan antara aku dan Tante Ning juga sudah sangat jarang....

Ada satu kenangan yang paling aku ingat...waktu aku kelas 1 SMP. Keluarga Tante Ning dan Oom Hadi dapet satu villa di Puncak dimana kita bisa nginep gratis....nah waktu itu hari sekolah sebenernya..tapi kita tetep ngotot pengen nginep juga...jadinya pagi-pagi kita dianterin ama Oom Hadi dan Tante Ning dari puncak ke sekolah, terus pulangnya dijemput lagi...waahhh...itu merupakan perjalanan ke sekolah yang paling panjang yang aku pernah tempuh...Puncak - SMPN 1 Bogor jaraknya lumayan jauh...terus kita harus ngejar jam masuk sekolah lagi...pokoknya seru deh...hehehehehe....

Hmm..ternyata kenangan yang aku ingat tentang Tante Ning ga cuma itu....Kejadiannya juga waktu aku masih SMP....aku lagi berkunjung ke rumahnya Monik....eh ternyata mereka sekeluarga lagi kedatangan tamu dari Jepang dan mereka berencana untuk jalan-jalan dan makan siang di daerah Puncak...Mungkin karena kasihan melihat kita udah dateng...jadinya kita semua di ajak deh, makan siang di Puncak Pass... Acara makan siangnya sich biasa aja...tapi ada satu orang Jepang yang cute..hehehe...I think we were all have a crush on him...hehehehe...biasa lah...anak ABG, ga boleh liat yang beda sedikit...hehehehehehe

Walaupun tak banyak kenangan yang aku alami dengan Tante Ning, tapi hari-hariku dipenuhi dengan kebahagiaan karena aku berteman dengan putri dari Tante Ning, Monika....dan dia tumbuh dewasa berkat bimbingan, tuntunan dan kebijaksanaan dari Tante Ning...

Selamat jalan Tante Ning,
semoga semua amal ibadah-Mu diterima oleh Allah SWT dan semoga engkau tenang di sisi Nya....Amiiiin.....

*Thanks ya Tante Ning....untuk semuanya....*

3 comments:

Anonymous said...

aduh nha, ......
jadi terharu .....
kalo boleh ikut cerita
gw kayaknya yang paling gak dikenal sama nyokapnya MOnik diantara kalian , makanya kalo kalian manggilnya "Tante NIng" (sepertinya panggilan yang lumayan akrab :)
mungkin cuma gw yang akan panggil beliauTante..........krn gw sangat jarang ketemu...
mungkin gw ngerasa deket krn gw terlalu menganggap ibu2nya temen2 gw itu kayak ibuku juga ......semua mengalami proses yang hampir sama....
gw cuma sebatas denger dari cerita2nya monik waktu jamannya kuliah dulu mengenai pandangan, beberapa sikap dari nyokapnya kalo ada masalah..itupun dalam format curhat tentang ortu....
atau dari cerita nindya, yang katanya suka geli karena sikap dia dan evi suka sama terhadap nyokap-nyokap itu...
kayaknya diantara anak-anak itu pasti (tp tidak selalu) ada satu anak yang lebih kritis terhadap ibunya, dan kayaknya kalo di kel gw itu nindya dan mungkin kalo di kel monik ya evi itu...
dan nindya pernah cerita kalo monik itu yang paling suka dicurhatin sama emaknya, dan itu kayak gw...sama nyokap..
you know-lah kalo anak tengah...suka jadi jubir keluarga
sedikit persamaan terakhir....nyokap gw juga lagi sakit sekarang2 ini,..hiks !

gw bisa ngerasain kalo monik sgt sedih ditinggal ibunya, kemaren aja omi berkali-kali nemuin monik nangis sendiri kalo dia lagi sendirian, makanya terus diajak ngobrol....
dan waktu masih dirawat pun, pernah katanya monik nangis hebat hanya karena dia beresin krudung ibunya ...dia inget kemana aja ibunya pake krudung itu :(
"semoga nyokapnya monik mendapat tempat yang terbaik disisiNya "

well,
gw yakin semua pasti pada punya cerita/kenangan sendiri2 .....
cuma gw bersyukur, ini mungkin jadi sedikit banyak kelebihan kita sebagai bagian dari "si biji duren" itu..:)

yuk pulang yuk !!!

Dede

Anonymous said...

Mmmmhhhhh…gua (mgkn) bisa ngerasain apa yg monik rasain saat2 ini, krn gua pernah ‘kehilangan’ bokap.

Percaya gak, pas bokap br meninggal (taun 93) itu gua yg ngerasa ‘sendiri’ bgt, males utk bersosialisasi, gua even bikin ‘komitmen’ ma gua sendiri bahwa gua bener2 akan berubah, gak banyak maen & akan lbh byk ngabisin waktu sendirian di kamar. Saat itu, gua ngerasa cara spt itu yg paling baik buat ngenang bokap gua..jauh dr orang2 dan sendirian.

Dalam kesendirian gua, gua pengen ngebangun kenangan gua ma bokap. Tapi, untungnya gua ‘cepet’ sadar..bahwa cara spt itu gak bisa ‘balikin’ bokap gua, & won’t do me any good juga



Gua yakin monik juga gitu..saat ini emang dia lagi ‘butuh’ kenangan akan nyokapnya.

Kita emang musti byk2 kasih support moril sih ma dia, dan agak ‘ngingetin’ dia utk gak berlarut2 dgn sedihnya, krn masih ada mas Hadi yg juga perlu lbh diperhatiin & dijagain.

Inti

Anonymous said...

Sumpah gue jadi terharu dan sedih (sampe berkaca-kaca nih....)

We all have mothers.....

So...pastinya apa yang menimpa Monik seolah bikin kita inget akan ibu2 kita semua.

Betapa masih beruntungnya kita masih ada ibu, yang ngasih tau kalo kita lupa, yang bimbing kearah yang lebih baik (walaupun kadang kita gak sadar), yang ngomel atau agak bete kalo kita lupa belum sempet telpon atau ngasih kabar.....

Terlepas dari semua kekhilafan dan kekurangan mereka adalah "ibu" kita.

So....kayaknya susah deh dapet kata2 untuk ngejelasin arti "ibu".

Soal nyokapnya Monik...well...since kita dah kenal dari SMP kali ya dan kita sering "nongkrong" di rumah Monik (soalnya deket BS) pastinya kita semua sedikit banyak dah tau karakter tante Ning dan Mas Hadi (inti, inget gak kalo kita manggil bokapnya Monih Mas....he..he..he...)

Masa2 nginep di Villa, makan di Puncak Pass atau saat Monik lagi bete sama nyokapnya, masa2 gue sekamar waktu kost di Bandung, etc.
Well kita semua tau itu dan appreciate apa yang udah terjadi.


Aduh..panjang ya....
Udah ah...
Biar Nha yang nerusin, ok ??

Susan