March 16, 2007

Perjalanan Melintas Khatulistiwa



Minggu lalu aku tugas keluar kota. Ke Pontianak tepatnya. Mungkin teman-teman yang waktu pelajaran geografis di smp dulu nya rajin masuk dan ga pernahtidur di kelas, pasti tau di Pontianak itu ada tugu Khatulistiwa; yaitu tempat dimana pada setiap tanggal 21 - 23 Maret dan 23 September setiap tahunnya maka semua benda tegak yang ada di sekitar tugu tersebut tidak akan memiliki bayangan yang berarti bahwa, tugu tersebut berada tepat 0 derajat di garis lintang.

Sebenarnya perjalanan lintas khatulistiwa ini bukan satu perjalanan yang di rencanakan. Kebetulan saja, aku dapat tugas untuk ke Pontianak, sosialisasi pasar modal di sana. Acara-nya diadain hari Kamis, 8 Maret 2007. Mestinya aku pulang tanggal 9 pagi. Tapi karena direksi dan top level manajemen dari kantor aku pada ga jadi hadir di acara itu, akhirnya aku dan temen-temen yang pergi ke sana pindahin jadual pulang, yang seharusnya pagi, jadi siang. Mumpung lah, secara lagi di Pontianak sekalian aja berkunjung ke tugu Khatulistiwa. Selama ini kan kita cuma bisa liat nya di buku-buku pelajaran geografi aja kali....:).



Sesampainya di sana, secara datengnya masih agak pagi dan juga bukan tanggal seperti yang di sebut diatas, jadi biasa aja sie. Kondisi tempat tugu berada itu seperti layaknya monumen or tugu apapun yang dimiliki oleh pemerintah daerah di Indonesia ya lumayan mengenaskan lah, karena kurang terawat [selain Jakarta, tapi Monas juga ga terlalu terawat ya.. :( ].

Selain itu, bangunanya juga udah kuno. Kalau cuma kuno sie masih mending, tapi ini sie udah masuk kategori jelek deh. Tapi lagi di renovasi sie, garis yang menunjukan garis lintang dikasih keramik dengan warna merah, dimana warna keramik sisanya itu warna putih, tapi udah pada bocel-bocel gitu [hehehe..bahasa urdu-nya keluar]

Ga cuma bangunan yang ga terawat, kondisi sekitarnya juga sama sekali ga bagus. Yang ada cuma ilalang dan jalan yang tandus. Padahal daerah monumen itu merupakan tempat yang jarang ada di dunia [bener ga sie??? hehehe..beneran emang nie tukang ngabur hampir setiap pelajaran geografi :)]. Mestinya tempat-tempat yang memang cuma sedikit adanya apalagi kalo cuma satu-satu-nya di dunia, mestinya di bikin bagus dong; Biar kalo ada yang pengen liat kan juga ga ngerasa nelangsa.



Lucunya lagi [dan aku baru tau soal ini setelah ada di Jakarta] temen-temen aku yang pergi kesana dapet sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah melintas garis khatulistiwa. Ga ada guna apa-apa sie, cuma lucu-lucuan aja. Murah pula, cuma 10 ribu aja. Tapi sayangnya aku ga ikutan karena ga tau kalo ada benda itu. Temen-temen aku itu pada dapet karena mereka mbeli souvenir berupa replika tugu khatulistiwa. Aku ga ikut beli karena ngerasa, ga perlu ah, wong gambarnya aja ada. Udah pleus aku bergaya lagi..hehehe...Padahal alasan utama sie, males bo'...berat :).

Ya udah deh, segitu aja pengalaman aku waktu melintasi garis khatulistiwa, yang sebenernya sie ga ada impact apa-apa. Cuma pengen tau aja...namanya juga nambah pengalaman ya :).

No comments: