April 13, 2007

ga nangis lagi..yay...

Kata orang, perempuan itu sah-sah aja kalau mengungkapkan perasaan dengan menangis. Semua perasaan, entah itu perasaan sedih, senang, susah, sebel atau apapun. Tapi sebenernya ga semua perempuan sie yang numpahin semua perasaannya dengan nangis. Ada juga yang mungkin malah nganggep perempuan yang gampang nangis itu cengeng, cemen dan cenderung lemah.

Sebagai seorang perempuan, dengan bangga aku mengakui kalo aku penganut aliran yang pertama, tapi aku ga mau juga dibilang cengeng. Sensitif mungkin itu kata yang lebih tepat ya. Seperti yang temenku tulis di blog-nya, menangis itu merupakan mekanisme paling personal yang bisa menyeimbangkan mimpi, kerja keras dan kenyataan.

Setiap kali menangis, rasanya plong dada ini. Perasaan apapun yang terasa menyesakkan dada, rasanya seperti terangkat dan lenyap bersamaan dengan bergulirnya airmata di pipi.

Namun, kebiasaan aku menangis ini sering jadi subyek olok-olok ato malah bahan bertengkar ama suamiku. Karena sebagai seorang lelaki, mungkin sulit untuk dia mengerti, kenapa sie kok hal yang sepele aja bisa bikin aku meneteskan air mata. Contohnya waktu aku nonton I am Sam, wah...banjir deh tuch ruangan depan televisi di rumahku sampe akhirnya suamiku mulai nggodain. Gini katanya,
"Kamu sadar ga sie kalo itu cuma fiksi?? Ga beneran??"
"iya, tapi kan ini beneran sedih, gimana kalo kejadian ama orang di sekitar kita??"
"Ya kalau emang sampe kejadian sama orang di deket kita, baru kamu boleh nangis, kalo cuma film mah ngapain juga buang-buang air mata"

Denger omongannya aku cuma diem aja. Abis gimana lagi, daripada ntar di tahan-tahan jadi penyakit, mendingan ya nangis aja. Tapi terus terang sie, kadang-kadang aku ngerasa sebel juga sie sama kebiasaanku yang gampang nangis ini. Capek! Abis gimana ngga, kalo aku nonton film I am Sam 5 kali, bisa lima kali juga aku nangisnya...capek ga sie??...hehehehehe

Selain capek, mungkin malu juga kali ya. Udah gede, udah punya suami dan anak masa sie masih aja nangis kalo nonton film sedih. Walaupun kalo di pikir-pikir sie sebenernya ga ada hubungannya udah gede ama doyan nangis kalo nonton film [eh bener ga sie?]

Tapi akhir-akhir ini aku kok malah jadi ga suka ya sama kebiasaan aku menangis, terutama kalo lagi ada masalah. Entah kenapa. Mungkin karena terlalu capek atau mungkin juga bosan. Atau mungkin juga karena aku sudah sedikit lebih dewasa, dalam artian sudah lebih mampu mengontrol perasaan; sudah lebih mengerti bahwa jarang ada masalah yang selesai dengan hanya menangis.

Memang benar, dengan menangis perasaan ini bisa plong, pikiran jadi lebih tenang dan mungkin bisa lebih memudahkan kita dalam berpikir tentang masalah apapun. Namun kadang kalo lagi nangis, seringnya inget-inget perasaan sedih yang lain, jadi malah lanjut nangisnya [hmm..mungkin itu hanya berlaku untuk aku kali ya?..hehehe], kapan mau nyelesaiin masalahnya coba?

Nah, mungkin gara-gara itu juga aku jadi ga suka kalo pas waktu aku kena masalah - apalagi masalah kantor - terus aku nangis. Pokoknya aku akan usaha banget supaya ga nangis. Pertama malu, yang kedua males aja di anggap cemen, cengeng dan lemah.

Awal-awal sie susah banget. Jangankan ada masalah besar, kalo denger ada omongan yang ga bener tentang aku di kantor, aduh....ga kerasa air mata tuch udah ada di pelupuk mata, susah banget buat nahannya.

Ternyata practice makes perfect ya. Belajar mengontrol perasaan dengan menebalkan telinga dan mengasah perasaan supaya ga terlalu halus akhirnya berhasil juga.

Kemarin pagi, ada kejadian yang kalo aja menimpa aku yang dulu, wah udah pasti deh mata aku keliatan sembab dan bengkak karena nangis. Pasti deh pokoknya. Tapi kemarin aku banggaaa banget, karena aku bisa tenang dan sama sekali ga nangis [walaupun ada setitik air di ujung mata, tapi aku bisa nahannya....yay :) ]. Tapi maaf ya, aku ga bisa nyeritain kejadian apa yang nimpa aku, karena point dari postingan kali ini itu bahwa ternyata usaha aku untuk ga nangis ternyata berhasil juga.

Alhamdulillah ya Allah, dan terima kasih atas kekuatan yang telah Kau berikan kepadaku, semoga kejadian kemarin menjadi titik awal dari kekuatanku untuk tidak menangis lagi di kantor apabila ada masalah. Amiiin....

No comments: