January 24, 2007

Jadi model ternyata ga gampang

Kemarin aku cuti. Agenda-nya bukan main ama Kay, tapi jadi model!. Pasti pada bingung kan?. Kok jadi model? Dalam rangka apa?

Masih ada hubungannya sama postingan nongol di majalah secara KKN. Kelar di wawancara, kan tanggung tuch kalo ga ada foto cewek manis behind the stories [hehehehe, narcis abis :D]. Bahasa keren yang biasa di pake di majalah itu namanya visualisasi...hehehe.

Bikin jadual pemotretan dari satu minggu yang lalu, akhirnya kemarin kejadian juga aku nambah pengalaman baru, JADI MODEL!.

Berhubung model-nya juga bukan model professional, jadi ga ada uang make up dan stylish untuk rambut. Dan berhubung juga redaktur pelaksana-nya temen kuliah gitu, jadi ya bayarannya cukup dengan satu kali makan siang di Sushi Tei Pondok Indah Mall II [sampe ongkos taksi dari rumah ke lokasi pemotretan juga modal sendiri bo’ !!... :)]

Akhirnya sampe juga deh hari pemotretan. Aduh, belum apa-apa cuaca udah ga bersahabat gitu. Berangkat dari rumah sie masih terang benderang, ngojek dulu sampe jalan raya, lanjut ama angkot sampe lebak bulus. Tadinya sie mau nge-bis, tapi entah kenapa bis yang ditunggu ga dateng-dateng, ndilalah malah taksi Putra lewat [tarif lama bo’ :)], ya naiklah hamba. Tapi memang keputusan yang tepat sekali, karena sampe di pondok indah alhamdulillah hujan turun deras banget walhasil jalan macet dong :(.

Secara ga ada yang bisa bikin rambut jadi ok [ga ada stylish-nya] jadi aku mampir ke salon dulu lah, masa mau jadi model sekali seumur hidup, rambut ga keliatan ok. Waduh, rada ketar ketir juga nie, secara macet dimana-mana sampe di salon jam 09.20 WIB padahal kan janjiannya jam 10, tapi sok cuek deh. Gaya seleb gitu yang emang biasa telat :).

Beres bikin rambut bagus jam 10.05 [ga lama juga ya], langsung nyari taksi, buat nganter ke daerah kuningan. Alhamdulillah cepet dapet taksi, mampir bentar ke atm, secara pulsa tinggal bernilai Rp. 37,- :(. Sepanjang jalan, hujan ga berhenti, Thanks God banget deh sama keputusan aku untuk naik taksi.

Sampe di daeran kuningan, sedikit bingung milih gedung yang mana :), jadi telpon-telponan dulu, tapi alhamdulillah sampai dengan selamat. Nunggu pemotretan, yang ternyata lumayan lama, nggosip dulu ama Witri :). Awalnya sie enak banget aku ngomong kalo jadi model itu ga perlu pake banyak berpikir ya [bener-bener under estimate banget deh], maksudnya kan tinggal act out apa yang di kasih tau ama pengarah gaya. Tapi Witri sie bilang, ”ga gitu juga kok, karena kalo model yang cuma modal tampang aja itu keliatan banget, aura-nya beda deh”. ”Contohnya Okky Assokawati” kata Witri. ”A simple hand gesture dari Okky tuch bisa bikin kita terpana..padahal gayanya tuch bener-bener simpel” katanya lagi.

Awalnya sie aku ga percaya, ah kayaknya siapapun bisa di foto deh. Masalahnya kan cuma muka-nya fotogenik ga untuk di foto.
Nah, pas pemotretan kebukti juga ternyata, anggapan aku tadi salah banget. Ternyata jadi foto model itu susah banget bo’. Gaya simpel kayak naro tangan di pinggang, yang mungkin kalo ga sadar sie udah sering banget kita lakuin tapi kalo untuk di foto itu..waduh..susah bener, secara mesti dibuat sedemikian rupa supaya keliatan sexy. Secara senyum sie mungkin aku udah lumayan bisa lepas ya, cuma masih kurang pede aja. Apalagi si pengarah gaya-nya ngobrol dan bisik-bisik ama temennya...duuh rasanya mau teriak, ”wooooiii....jangan bisik-bisik disini kalee, gile aje, gw udah ga pede dibuat tambah grogi aja ama gaya loe ngobrol yang kesannya ngetawain gw banget, ga ngerti apa gw itu punya 'ga pede sindrom'??” [prasangka jelek emang, tapi bisa di justifikasi dong :)].

Visualisasi yang bakal di tampilin untuk artikel itu ada 2 gaya, satu berdiri dan satu lagi duduk. Setelah susah payah ngerahin seluruh kemampuan buat tampil sexy dan sassy [taelah] dengan gaya berdiri, akhirnya dapet satu foto yang dianggap lumayan representatif untuk dimuat.

Waktu giliran bergaya sambil duduk di lantai, tingkat kesulitan jadi model juga naik. Aduh, rasanya kaki ini keram deh, karena posisi kaki harus selalu pointed up [jinjit maksudnya]. Kalo pas berdiri kan lebih gampang, karena memang kita suka lah jinjit-in satu kaki, tapi kalo duduk...masya Allah... ampun deh. Rasanya ketarik tuch urat kaki dari ujung jempol sampe pangkal paha :(.

Belum lagi gaya tangan yang kiri tetep berusaha sexy dengan kacak pinggang-nya [since when ’kacak pinggang’ is sexy sie???] dan yang kanan bersandar ke balok kayu warna putih yang ada dibelakang. Rencana awal sie, selop-nya di lepas dan di jinjing gitu. Tapi lagi-lagi karena harus ditampilin dengan kesan sexy, sementara cara aku jinjing selop lebih ke kayak lagi nyuruh si mbak masukkin selop ke lemari daripada sexy, walhasil selopnya di taruh di atas balok putih dan aku cuma di suruh bergaya aja.

Belum lulus gaya duduk yang keliatan sexy, masalah baru dateng. Kali ini, yang masalahnya rambut yang bandel dan ga mau diatur [duuh..kalo ga gaya ya yang lain deh yang bikin susah]. Kan ceritanya pake kipas angin, buat kasih kesan kayak fotomodel beneran [sebenernya sie aku juga ga ngerti kipas angin itu untuk ngasih kesan apa, sok tau aja :)]. Secara poni aku emang merupakan bagian dari rambut aku yang paling susah di benerin, plus hembusan kipas angin yang lumayan kenceng, jadi bener2 ga keruan deh poni-nya. Duuhh..orang-orang itu ga ngerti apa ya, aku tuch punya poni buat nutupin jidat yang jenong ini malah di foto buat nongol di majalah kok ya yang poni-nya di hembus-hembusin ke belakang gitu :(, tapi ya mau gimana lagi, pengarah gaya-nya nyuruh nya kayak gitu.

Akhirnya setelah mungkin lebih dari 30 jepretan foto, selesai juga tuch pemotretan. Hmmmphhh...ngga lagi deh bakalan aku under estimate satu pekerjaan. Modelling itu keliatannya emang gampang ya. Kayaknya cuma modal tampang sama senyum manis aja, padahal mesti kerja keras juga.

Tadinya sie mau pasang foto-foto hasil pemotretan kemaren, tapi sampe hari ini belum juga di kirim tuch. Ntar aku update lagi deh..biar bisa sekalian pada ngeliat :).

No comments: