February 02, 2007

kalo Callista ngantuk

Aduh, susah deh bunda ngertiinnya. Suka marah dan ngomel yang ga ada juntrungannya and yesterday was no exception.

Tapi mungkin karena masih kecil kali ya. We often found it amusing ajah kalo ada anak kecil jadi rungsing sendiri karena ngantuk. Ditambah lagi ini anak sendiri, jadi super lucu deh liat Kay marah-marah dan ngedumel sendiri gitu :).

Biasanya jadual Kay bobo malam itu sekitar jam 8 malem, tergantung dari bobo siangnya lama ato ngga. Pokoknya lumayan rutin deh, mulai sekitar jam 8-an anak bunda mulai rewel. Bingung juga berusaha ngertiin omongan dia. Karena kalo dia mau ungkapin sesuatu itu secara belum bisa ngomong jadi cuma nunjuk-nunjuk aja, tinggal pinter-pinternya kita aja untuk ngertiin apa yang dia maksud.

Kemarin malam, pulang kantor sekitar jam 7 kurang, setelah nemenin suami makan malam terus aku main ama Kay. Sekitar setengah 8, selesai minum susu sesuai jadual malam nya udah mulai deh dia rewel. Nunjuk mainan, tapi setelah di kasih salah. Dikasih yang lain, tetep aja masih rewel. Itu pertanda anak bunda yang cantik udah ngantuk, tapi masih pengen main.

Udah ngerti kebiasaan anak cantik satu itu, sekitar jam 8, aku gantiin baju-nya deh. Pake pj’s, terus kasih saputangan handuk kecil teman tidur nya terus bawa langsung ke kamar bunda daddy yang udah pasti ga ada mainan.

Tapi ternyata itu belum cukup juga, secara ada buku cerita-nya yang selalu dibacain sebelum dia bobo, maka bercerita lah aku [penuh dengan imajinasi, secara bukunya ga boleh aku yang pegang karena Kay mesti tetep liat gambarnya :)].

15 menit setelah aku capek bercerita, Kay minta di gendong sambil nangis lumayan kenceng. Aduh, berat banget deh anak bunda :). Tapi lucu-nya setiap kali aku ngerasa Kay udah ngantuk banget dan udah mulai bobo, karena capek berdiri, aku nyoba duduk, eh mungkin kerasa juga kali ya, Kay balik nangis lagi ngajak buat berdiri.

Satu kali dua kali sampe tiga kali masih aku turutin, lama-lama aduh..kan ga kuat juga, akhirnya aku duduk juga di tempat tidur dan seperti yang udah di sangka, Kay ngambek dong, pasang aksi nangis sekenceng-kencengnya minta aku berdiri lagi. Aku udah ga sanggup berdiri, akhirnya aku dudukin terus bilang gini, ”Denger deh Nak, itu apa tuch….. bunyi hujan ya?” sambil terus aku nyanyi lagi tik tik tik, bunyi hujan…

Alhamdulillah trik-nya berhasil, Kay berhenti nangisnya. Diem tenang sembari ndengerin aku nyanyi. Celakanya setiap kali aku berhenti nyanyi, dia mulai rewel sembari ngomong tik tik tik...waduh, aku ga boleh berhenti nyanyi :). Ngga capek berdiri, tapi capek nyanyi.

Hmm..mesti cari akal lagi deh, terus daddy-nya ikutan nyanyi. Tetep nyanyi tik tik tik bunyi hujan, tapi liriknya diganti, jadi ”Bobo yuk, kita bobo bersama-sama. Callista bobo, bunda juga bobo. Daddy nya bobo, mbak juga bobo. Semua bobo bersama-sama”.

Ajaib!. Kay langsung ambil saputangan nya terus mulai nyot-nyot [ngedot jari-nya] dan bobo. Aduh senengnya!. Tapi tetep, kita mesti terus nyanyi, ga boleh berhenti. Jadi judulnya tetep cape nyanyi, cuma sekarang ada kemajuan karena Kay udah mau rebahan.

Tapi rasa seneng aku dan suami ga bisa lama-lama ternyata, karena setelah nyanyi lagu tik tik tik dengan lirik yang diganti sebanyak 15 kali, Kay udah bosen. Waduh, harus nyari akal lagi nie. Tapi saking udah bingungnya akhirnya aku dan suami cuma pura-pura tidur aja, mata-nya di meremin sembari sekali-kali ngintip anak kecil yang lagi ngantuk itu.

Mungkin karena udah ga ada yang bisa dia ajak main-main, secara aku dan suami pura-pura tidur gitu, dan mungkin juga karena mata-nya juga udah sepet kali ya, udah capek juga. Akhirnya Kay bobo juga. Tapi gayanya tetep ga biasa dong. Ga kayak kita yang bobo dengan kepala diatas bantal, Kay njadiin paha ku untuk bantalnya. Hmm.... dijamin aku ga bisa gerakin kaki untuk beberapa saat, tapi demi anak kecil yang emang udah ngantuk supaya bisa cepet lelap bobo-nya ya udah, aku rela deh.

Setelah beberapa lama dan aku udah yakin kalo Kay udah lelap bobo-nya, aku mulai nggeser kaki dan mau bangun supaya bisa betulin posisi bobo Kay biar enak. Tapi ternyata Kay masih belum lelap!. Hampir aja bangun dan nangis lagi, untung aku buru-buru balikin kaki ku untuk jadi bantal-nya. Masih amaaan... :)...

Sekitar 20 menit-an deh posisi tidur ku; dengan paha yang dijadiin bantal ama Kay; akhirnya lelap juga anak kecil yang lagi rewel itu.

What an adventure ya....mboboin anak kecil aja mesti pake beberapa strategi :).

No comments: